Terlalu Sering Makan Daging Bisa Kena Diabetes, Kok Bisa?






Sekarang ini, sebagian besar orang sudah berusaha untuk mengurangi asupan daging. Katanya, sih, konsumsi daging bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti diabetes. Apalagi jika dikonsumsi terlalu sering. Lantas, benarkah makan daging bisa menyebabkan penyakit diabetes? 

Benarkah makan daging menyebabkan penyakit diabetes?
Diabetes adalah penyakit kronis yang tidak bisa disembuhkan, sehingga jika Anda sudah kena penyakit ini sekali maka Anda harus terus hidup dengan penyakit ini. Maka itu, sebaiknya hindari hal-hal yang bisa membuat Anda berisiko tinggi kena diabetes. 

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau diabetes erat kaitannya dengan makanan manis yang tinggi gula. Akan tetapi, makanan manis bukan jadi satu-satunya penyebab dari penyakit diabetes. Namun, ternyata masih banyak faktor risiko dari penyakit kronis ini, salah satunya adalah kebiasaan makan daging. 

Katanya, makan daging terlalu sering membuat Anda berisiko tinggi terkena diabetes. Hal ini sebenarnya bukan isu belaka, melainkan telah diuji dan dibuktikan dalam beberapa penelitian. Pada penelitian yang dilaporkan dalam American Journal of Epidemiology, para ahli mengungkapkan bahwa makan daging merah terlalu sering bisa meningkatkan 23 persen risiko penyakit diabetes.

Mengapa sering makan daging bisa jadi faktor risiko diabetes?

Kebanyakan orang lebih memilih daging yang berlemak atau ada gajihnya. Rasanya tentu lebih enak dan gurih ketimbang dengan daging yang tidak ada lemaknya sama sekali. Namun, justru lemak ini yang akan membuat risiko penyakit diabetes meningkat. 

Ketika Anda terlalu banyak makan daging berlemak, tentunya kadar lemak tubuh akan meningkat. Berat badan akan bertambah dan tumpukan lemak di bawah kulit semakin tebal. Nah, lemak yang terlalu banyak di dalam tubuh membuat kerja hormon insulin jadi terganggu. Akhirnya, hormon insulin yang seharusnya bekerja mengatur gula dalam darah, jadi tidak bekerja dengan optimal. 

Bila kondisi ini terus-terusan terjadi, maka hormon insulin akan terganggu secara permanen, hingga akhirnya gula darah Anda naik dan akhirnya penyakit diabetes pun muncul.

Jadi apakah tidak boleh makan daging sama sekali?

Sebenarnya, menghindari daging sama sekali bukanlah solusi yang tepat. Anda tentu saja masih boleh makan daging. Daging adalah sumber protein dan mineral yang baik untuk tubuh, jadi seharusnya tidak perlu Anda hindari dan hilangkan dari menu makan Anda. Akan tetapi, perhatikan porsinya serta seberapa sering Anda mengonsumsi daging tersebut. 

Dalam penelitian ini, daging bisa jadi salah satu faktor risiko dari penyakit diabetes karena daging yang dikonsumsi mengandung lemak yang tinggi. Jika Anda makan daging yang sedikit bagian lemaknya dan tidak terlalu sering mengonsumsinya, maka seharusnya tidak jadi masalah.

Jadi, sebaiknya pilih daging yang tidak berlemak atau lemaknya sedikit, hindari daging yang bergajih. Penyakit diabetes akan semakin menjauh jika Anda mengimbangi dengan konsumsi sayur dan buah yang bisa mengikat lemak-lemak yang Anda dapatkan setelah makan daging.

Jangan lupa juga untuk memvariasikan menu makan Anda setiap harinya. Misal mengganti lauk yang tadinya lebih sering daging merah diganti dengan ikan, telur, tahu, tempe, jamur, dan sebagainya. Jadi, Anda akan mendapatkan berbagai jenis zat gizi yang seimbang dan beragam dari masing-masing makanan tersebut. 


----------------------------------------------------------------------------

Konsultasikan Masalah Diabetes Anda di:

Whats App: +6282274212967 atau klik disini>>> goo.gl/nR2XbQ

BBM : D32B723D atau klik disini http://blck.by/2xpjp70

Semoga Bermanfaat bagi kita semua :)


 


loading...