Faktor-faktor Pemicu Risiko Diabetes






Diabetes adalah kondisi yang mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mengubah gula darah menjadi energi. Tiga tipe diabetes adalah tipe 1, tipe 2 dan diabetes gestasional.

Dokter biasanya mendiagnosis diabetes tipe 1 pada masa kanak-kanak. Diabetes tipe 1 mempengaruhi kemampuan tubuh memproduksi insulin. Hormon ini sangatlah penting dalam membantu tubuh memanfaatkan gula darah. Tanpa insulin yang cukup, gula darah berlebih bisa merusak tubuh. 5 persen dari kebanyakan orang menderita diabetes tipe 1.

Diabetes tipe 2 adalah kondisi yang mempengaruhi kemampuan tubuh dalam menggunakan insulin dengan benar. Tidak seperti diabetes tipe 1, penderita diabetes tipe 2 membuat beberapa insulin, tetapi mereka tidak bisa memproduksi dalam jumlah yang cukup untuk menjaga dari kenaikan gula darah. Dokter menghubungkan diabetes tipe 2 dengan faktor gaya hidup seperti obesitas.

Diabetes gestasional adalah kondisi yang menyebabkan wanita memiliki gula darah tinggi selama masa kehamilan. Kondisi ini hanya sementara.
Memiliki faktor risiko tidak berarti seseorang terkena diabetes.

Faktor genetik apa yang mempengaruhi risiko diabetes?
Dokter tidak mengetahui dengan pasti penyebab diabetes tipe 1. Riwayat keluarga dari diabetes tipe 1 dipertimbangkan sebagai faktor risiko. Seorang pria dengan diabetes tipe 1 memiliki kemungkinan risiko 1 berbanding 17 memiliki anak dengan diabetes tipe 1. Bila wanita menderita diabetes tipe 1, anaknya memiliki risiko 1 berbanding 25, bila anak tersebut lahir ketika ibunya berusia lebih muda dari 25 tahun. Wanita yang menderita diabetes tipe 1 bila melahirkan pada usia 25 tahun atau lebih, risiko perkembangan diabetes tipe 1 pada anaknya adalah 1 berbanding 100.

Memiliki orangtua dengan diabetes tipe 2 juga meningkatkan risiko diabetes. Karena diabetes sering berhubungan dengan pilihan gaya hidup, orangtua mungkin akan menurunkan kebiasaan buruknya kepada anak-anak mereka. Hal ini meningkatkan risiko terkenda diabetes tipe 2.

Seorang anak dengan kedua orangtua menderita diabetes tipe 2 memiliki risiko 1 berbanding 2 terkena diabetes tipe 2. Anak-anak dengan salah satu orangtua menderita diabetes tipe 2 didiagnosa sebelum usia 50 tahun memiliki risiko 1 berbanding 7 terkena diabetes.

Wanita memiliki risiko tinggi terkena diabetes gestasional bila anggota keluarga mereka menderita diabetes.

Apakah faktor lingkungan mempengaruhi risiko diabetes?
Virus (jenis yang tidak diketahui) pada usia dini mungkin memicu diabetes tipe 1 pada beberapa individu. Orang-orang juga cenderung terkena diabetes tipe 1 bila hidup di cuaca yang dingin. Dokter mendiagnosis pasien dengan diabetes tipe 1 saat musim dingin lebih sering daripada musim panas.

Apa saja faktor gaya hidup yang mempengaruhi risiko diabetes?
Diabetes tipe 1 mungkin memiliki faktor terkait diet. Bayi yang tidak diberi ASI memiliki risiko diabetes yang meningkat. Hal yang sama berlaku untuk bayi yang diberikan makanan padat pada usia terlalu  dini.

Diabetes tipe 2 sering berhubungan dengan gaya hidup. Faktor gaya hidup yang meningkatkan risiko termasuk:
  • Obesitas
  • Tidak aktif berolahraga
  • Merokok
  • Diet tidak sehat
Menurut Ikatan Keluarga Dokter Amerika, obesitas merupakan faktor utama pada diabetes tipe 2.

Apa saja kondisi medis yang mempengaruhi risiko diabetes?
Orang cenderung mengalami diabetes tipe 2 bila mereka memiliki kondisi berikut:
  • Acanthosis nigrican, kondisi kulit yang membuatnya terlihat lebih gelap dari biasanya
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi) lebih dari 140/90 mmHg
  • Kolesterol tinggi
  • Sindrom ovarium polikistik
  • Pradiabetes atau kadar gula darah lebih tinggi dari biasanya, tetapi tidak mencapai tingkat diabetes
  • Tingkat trigliserida 250 atau lebih
Wanita dengan diabetes gestasional yang melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4 kg berada pada risiko tinggi terkena diabetes tipe 2.

Apakah faktor usia dapat mempengaruhi risiko diabetes?
Orang cenderung terkena diabetes saat bertambah usia. Pusat Kontrol dan Pencegahan Diabetes merekomendasikan orang dewasa berusia 45 tahun atau lebih untuk mengikuti tes diabetes, khususnya bila seseorang kelebihan berat badan.

Konsep apa yang salah dalam hubungannya dengan faktor risiko diabetes?
Konsep salah yang umum terkait diabetes adalah bahwa vaksin mengakibatkan diabetes. Menurut Pusat Kontrol dan Pencegahan Diabetes tidak ada bukti yang mendukung pernyataan tersebut.



Whats App: +6282274212967 atau klik disini>>> goo.gl/nR2XbQ

 
BBM : D32B723D atau klik disini http://blck.by/2xpjp70
 
Semoga Bermanfaat bagi kita semua :)
 
 



loading...