4 Trik Cerdas untuk Mencegah Makan Berlebihan




Kebiasaan makan banyak tanpa terkendali bisa jadi alasan utama mengapa berat badan Anda tidak juga turun, bahkan bertambah terus-terusan. Mungkin Anda tahu, jika selama ini Anda memiliki kebiasaan makan banyak, namun tetap saja tidak bisa menghentikannya. Bila Anda ingin menghentikan kebiasaan buruk tersebut, Anda bisa mencoba ikuti tips dan trik ini.

1. Kenali rasa lapar palsu
Anda mungkin merasa lapar setiap saat sehingga Anda ingin makan terus menerus dan akhirnya makan dengan porsi yang berlebihan. Padahal, bisa saja rasa lapar itu hanya sekadar lapar mata saja atau disebut juga dengan false hunger. Rasa lapar yang seperti ini bisa datang ketika Anda sedang merasa bosan, marah, atau sedih. Jadi, otak Anda menjadikan makanan sebagai pelarian. Alhasil, Anda makan berlebihan dan semakin jauh dengan berat badan ideal yang Anda inginkan.

Anda bisa bikin catatan kapan Anda mulai terasa lapar dan makan dengan porsi yang banyak, kemudian tulis juga apa yang Anda rasakan saat itu, apakah merasa sedih, stres, atau tertekan. Dengan begitu, Anda akan tahu dengan benar apa yang memicu rasa lapar itu datang dan Anda dapat mengatasinya di kemudian hari.

2. Makan dengan perlahan
Saat lapar datang – entah itu lapar palsu atau memang perut Anda sedang keroncongan – Anda mungkin akan makan dengan lahap dan cepat. Justru, kebiasaan makan seperti ini membuat porsi makan Anda menjadi berlipat-lipat lebih banyak.

Pasalnya, perut Anda butuh waktu sekitar 12-20 menit untuk tahu memberi tanda pada otak apakah ia sudah penuh atau belum. Oleh karena itu, jika Anda mengisi perut Anda dengan makanan terus-terusan, maka perut akan kebingungan kapan ia harus mengirimkan sinyal tanda kenyang. Akhirnya, Anda malah akan terus merasa lapar.

3. Jangan melewatkan waktu makan
Nah, anggapan ini yang sering salah. Banyak yang menghindari waktu makan agar mereka tak mengonsumsi makanan berlebihan. Bila ini Anda lakukan, malah yang terjadi adalah hal sebaliknya, nafsu makan Anda akan meningkat ketika bertemu waktu makan selanjutnya, sehingga Anda tak tahan untuk tidak makan banyak. Bisa dibilang Anda ‘balas dendam’ karena tidak makan sebelumnya.

Hal ini juga telah dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition yang mengungkapkan jika orang yang makan 3 kali dalam sehari memiliki kepuasan terhadap makanannya dan punya rasa kenyang hingga 24 jam. Sementara, orang yang makan hanya 2 kali sehari, rasa kenyangnya tak akan berlangsung lama.

4. Atur porsi dan jadwal makan yang rutin

Memiliki jadwal makan yang rutin membantu Anda mengendalikan nafsu makan, sehingga lambung Anda sudah terbiasa dengan waktu-waktu makan tertentu. Hal ini menghindari munculnya lapar palsu yang bisa saja bikin Anda makan banyak.

Selain itu, Anda dapat mengatur porsi makan dengan cara menggunakan wadah makanan yang lebih kecil dari biasanya. Jadi, wadah makanan Anda hanya dapat menampung sedikit makanan saja dan mencegah Anda untuk makan berlebihan.



Whats App: +6282274212967 atau klik disini>>> goo.gl/nR2XbQ
Semoga Bermanfaat bagi kita semua :)
 
 


loading...